Iromec

Top Insurance Company

Informasi Seputar Asuransi Sepeda Motor

Informasi Seputar Asuransi Sepeda Motor

Anda mungkin berhak atas asuransi sepeda motor berdasarkan Undang-Undang yang mengatur tentang Sepeda Motor dan Keselamatan Berkendara. Jika ya, Anda perlu tahu apa yang disediakan oleh asuransi sepeda motor ini.

Jika Anda tidak tahu apa yang diberikan pertanggungan ini, penting bagi Anda untuk membaca artikel kami tentang pertanggungan asuransi sepeda motor. Anda mungkin juga ingin meninjau artikel kami tentang helm sepeda motor, yang berlaku sama untuk semua pengendara sepeda motor, terlepas dari apakah Anda diasuransikan atau tidak.

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Asuransi Sepeda Motor

Asuransi sepeda motor bisa menjadi perjalanan yang menyenangkan dan menantang. Tapi itu bukan hal termudah yang harus Anda jalani. Pertama, Anda perlu mendapatkan gambaran tentang jenis asuransi sepeda motor apa yang harus Anda ajukan, atau setidaknya jenis pertanggungan yang Anda butuhkan. 

Kemudian, Anda perlu tahu persis berapa yang akan Anda bayar, dan apakah asuransi sepeda motor akan menaikkan atau menurunkan premi Anda.

Mari kita mulai dengan yang sudah jelas saja:

(1) Semakin mahal sepeda motor Anda, semakin baik kualitas cakupan yang Anda miliki. Ini tidak berarti bahwa sepeda motor murah tidak aman — justru sebaliknya. Tetapi, sepeda motor mahal telah dirancang dengan lebih banyak fitur keselamatan daripada rekan-rekan mereka yang lebih murah (misalnya, rem yang lebih baik). Sepeda motor murah biasanya dibuat semurah mungkin dengan komponen berkualitas rendah dan dilas bersama dari besi tua.

(2) Semakin rumit sepeda motor Anda, semakin baik kualitas asuransi yang Anda miliki — seperti halnya mobil. Tapi itu tidak berarti bahwa sepeda motor yang rumit itu aman — justru sebaliknya. Sepeda motor yang rumit dibuat dengan lebih banyak fitur keselamatan daripada rekan-rekan mereka yang lebih murah (misalnya, desain lampu depan). Sepeda motor murah dibuat semurah mungkin dengan komponen yang juga berkualitas rendah sementara kerumitannya berarti juga berkurang menjadi lebih sedikit. 

Lalu apa hubungannya aturan ini dengan memilih asuransi sepeda motor? Nah: jika Anda memikirkannya secara rasional, sebagian besar kecelakaan terjadi di jalan di mana orang berbagi ruang dengan sejumlah besar kendaraan lain. Jadi, melindungi diri Anda dari benturan kecil dan goncangan akan paling efektif jika Anda memilih untuk mengasuransikan sepeda motor berperforma tinggi seperti sepeda di atas 250cc atau di atas 500cc. 

Berapa Banyak Cakupan Asuransi yang Anda Butuhkan?

Jika Anda berencana membeli sepeda motor, Anda memiliki beberapa hal penting untuk dipertimbangkan termasuk jumlah pertanggungan yang Anda perlukan untuk menghindari membayar premi yang lebih tinggi dari yang Anda mampu. Mari kita lihat beberapa informasi asuransi dasar sehingga Anda dapat membuat keputusan berdasarkan keputusan sendiri.

Jika Anda membeli sepeda motor untuk keperluan pribadi, ada baiknya untuk mendapatkan asuransi kewajiban yang komprehensif serta asuransi mobil yang komprehensif. Cakupan komprehensif dirancang untuk orang-orang yang menginginkan perlindungan dari kecelakaan dan tagihan medis terkait cedera atau biaya pengobatan. 

Asuransi jenis ini mencakup sebagian besar kerusakan properti dan kendaraan-kendaraan lainnya, seperti mobil, sepeda motor, truk, kapal, dan trailer. Jika orang lain terluka dalam kecelakaan saat mereka mengendarai sepeda motor mereka di jalan umum, cakupan yang komprehensif akan mencakup semua tagihan medis mereka, termasuk tagihan rumah sakit dan biaya pengacara.

Asuransi perlindungan cedera pribadi (IRA) akan membayar jika Anda mengalami cedera tubuh atau kematian karena kecelakaan saat mengendarai sepeda motor Anda atau dengan bantuan produk atau peralatan yang terkait dengan kendaraan Anda.

Asuransi ini dirancang untuk mereka yang memiliki anggota keluarga yang terluka dalam suatu kecelakaan (seperti anak-anak di bawah usia 18 tahun atau pasangan). Jika orang lain terluka dalam kecelakaan saat mengendarai sepeda di jalan umum, jenis asuransi ini akan membayar uang untuk tagihan medis seperti tagihan rumah sakit dan biaya pengacaranya juga.

Terakhir, jika mobil Anda telah rusak oleh sesuatu yang dilakukan dengan produk atau peralatan yang berhubungan dengan mobil, maka mungkin perlu untuk membawa asuransi tanggung jawab perbaikan/penggantian mobil pihak ketiga.

Tips Mendapatkan Penawaran Terbaik untuk Asuransi Sepeda Motor

Internet penuh dengan keluhan tentang polis asuransi, namun hanya ada sedikit ulasan bagus tentang harga yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan. Dalam artikel ini, kami akan merinci langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menemukan kesepakatan terbaik.

Pertama dan terpenting, Anda perlu mengetahui jenis polis asuransi yang Anda butuhkan. Anda bisa mendapatkan penawaran asuransi sepeda motor dengan mengunjungi situs web yang tersedia di Internet, atau dengan menghubungi broker asuransi sepeda motor di negara Anda. 

Banyak orang menelepon broker karena mereka tidak ingin melalui semua kerumitan dalam melakukan pencarian informasi sendiri atau mereka hanya tidak tahu berapa banyak mereka harus membayar untuk sepeda baru mereka. Jadi, berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat ketika berbicara dengan broker:

1) Asuransi sepeda motor bukanlah satu ukuran cocok untuk semua proposisi; ada berbagai jenis pertanggungan yang tersedia dan tarif yang berbeda untuk masing-masingnya. Misalnya, ada cakupan kelas A dan B untuk sepeda motor. ATV, atau sepeda motor trail. Jadi, ketika membuat penawaran, tanyakan broker Anda tentang setiap jenis pertanggungan yang ditawarkan serta kelas apa itu.

2) Mungkin sulit untuk menentukan dengan tepat berapa banyak yang harus Anda bayar untuk asuransi sepeda motor karena akan bervariasi dari satu negara ke negara lain dan dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Tetapi, cobalah untuk tidak terjebak dalam membeli polis termurah jika Anda tidak memilikinya.

3) Jika Anda menginginkan penawaran harga yang tidak memperhitungkan fitur khusus seperti kaca depan atau sespan, Anda mungkin ingin bertanya kepada broker Anda tentang fitur-fitur khusus tersebut sebelum membuat perjanjian dengan mereka (dengan begitu, jika fitur tersebut ternyata tidak diperlukan, Anda bisa mendapatkan kesepakatan yang lebih baik).

William